Pesta Demokrasi Pemilihan OSIS SMAN 16 Padang masa bakti 2022-2023

Orasi dari pasangan balon OSIS
pemilihan suara oleh buk Kepsek SMAN 16 Padang

Cara berbeda dilakukan SMAN 16 Padang dalam pelaksanaan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bakti 2022/2023, pada Senin(07/02) hari ini. SMAN 16 Padang melakukan pemilihan ketua OSIS dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), yang diikuti oleh 50 % peserta didik dan hari Selasa (08/02) 50 % karena masih melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.


”Pemilihan dengan sistem pemilu ini kita lakukan untuk memberikan pendidikan demokrasi dengan bijak, dan mengenalkan sejak dini tentang tahapan pemilu kepada peserta didik,” ucap Kepala Sekolah urusan SMAN 16 Padang, Seprah Madeni, M. Pd Senin, 07 Februari 2022, pagi hari  pada saat pelaksanaan upacara bendera.
Dalam pemilihan tersebut, sekolah menyiapkan bilik suara, kotak suara, tinta, dan alat pencoblosan. Sebelum mencoblos, ratusan peserta didik harus mengantri untuk mendapatkan surat suara yang berisi foto kandidat. Mereka pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.
Setelah mencoblos, surat suara dilipat kembali dan dimasukkan kedalam kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, mereka harus mencelupkan tangan kedalam tinta, agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

”Pemilihan ketua OSIS ini, diawali dengan proses penjaringan, seleksi, pelaksanaan kampanye dari para kandidat dengan pemaparan visi dan misi mereka, yang dilanjutkan dengan pemberian sosialiasi tata cara pencoblosan,” oleh panitia Pemilihan ( MPK SMAN 16 Padang)

About Redaksi SMA Negeri 16 Padang

View all posts by Redaksi SMA Negeri 16 Padang →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *